Sistem
Pernapasan Manusia dan Paru-Paru Buatan
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas : IV (empat)
Materi/ Pokok Bahasan : Sistem Pernapasan Manusia (Respirasi)
Kompetensi
(tujuan) : Menjelaskan proses pernapasan manusia
Indikator :
§ Mengidentifikasi
sistem organ pernapasan manusia
§ Membedakan
proses inspirasi dan ekspirasi
§ Menjelaskan
proses pernapasan pada manusia
Nama Media : Alat Peraga Paru-Paru Buatan
Jenis Media : Media
Visual
Deskripsi :
Penggunaan Media
Media ini digunakan untuk menjelaskan kepada siswa tentang proses
pernapasan yang terjadi pada tubuh manusia. Selain itu juga untuk menjelaskan
fungsi organ-organ yang ada dalam sistem pernapasan.
Pembuatan Media
Alat :
- Gunting
- Penggaris
- Paku
- Cutter
Bahan :
- Kertas Bufallo
- Kardus bekas
- Botol plastik bekas
- Balon besar dan kecil
- Lakban
- Korek api
- Lilin
- Spidol
Langkah Kerja
Proses pembuatan alat peraga paru-paru buatan cukup mudah dengan alat dan
bahan yang mudah didapat seperti botol bekas, balon, dan sebagainya. Selain itu
juga biaya yang dikeluarkan untuk membuat satu alat peraga paru-paru buatan
sangat ekonomis. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat peraga tersebut juga
tidak lama. Kekurangannya yaitu mengalami kesulitan untuk membolongi tutup botol,
dan juga memotong batang spidol, selain itu juga untuk mencari balon yang
berbentuk hati sebagai paru-paru sulit, sehingga saya menggunakan balon
berbentuk biasa.
Cara Penggunaan
Tarik balon yang berada di bagian dasar botol, kemudian amati balon, balon
yang berada di dalam botol. Pada percobaan tersebut tampak bahwa ketika balon
pink ditarik maka balon merah yang berada di dalam botol akan mengembang
seperti tampak pada gambar di bawah ini.
Sebaliknya apabila balon pink dikembalikan ke posisi semula makan balon
merah yang berada di dalam botol akan mengempis seperti tampak pada gambar di
bawah ini.
Percobaan tersebut menunjukkan proses respirasi di dalam tubuh manusia
ketika inspirasi dan ekspirasi. Dengan alat peraga ini siswa dapat dengan mudah
memahami proses respirasi dan mampu membedakan antara inspirasi dan ekspirasi.
Dengan menggunakan media sederhana ini, diharapkan siswa mampu memahami dan
menjelaskan bagaimana sistem pernapasan di dalam tubuh berlangsung. Selain itu
melalui media sederhana setidaknya guru mampu menjelaskan materi dengan mudah
dipahami oleh siswa dengan tidak mengeluarkan biaya yang mahal. Karena media
ini menjembatani antara penyapaian materi dari guru ke siswa dan mencoba
mengkonkretkan sesuatu yang abstrak.
👍
BalasHapus